Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Gresik akan Evaluasi Kinerja Rekanan yang Terancam Molor

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Gresik akan Evaluasi Kinerja Rekanan yang Terancam Molor

Gresik24Jam - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Gresik akan mengevaluasi kinerja para rekanan yang mengerjakan pembangunan.

Termasuk, progres pembanguan jalan, Puskesmas dan saluran air.

Evaluasi kinerja para kontraktor ini terkait progres akhir tahun perolehan pembangunan yang telah dikerjakan para kontraktor.

“Kita lihat nanti hasil kinerja para kontraktor. Apakah ada kendala. Jika ada kendala itu faktornya apa,” kata Kepala Dinas PUTR Kabupaten Gresik, Gunawan Setijadi, Minggu (23/12/2018).

Dari evaluasi tersebut akan menentukan kinerja para kontraktor, apakah dilanjut atau diputus kontraknya.

Sehingga perlu diketahui faktor penyebab kemoloran para kontraktor.

Misalnya, proyek pembangunan jalan di Karangandong Wringinanom, Gresik, banyak pemilik rumah yang membangun mepet dengan jalan, sehingga perlu dilihat peta tanah yang ada di desa untuk disesuaikan dengan peta tanah.

“Kalau itu masuk wilayah fasilitas umum, maka pemerintah tidak berhak untuk mengeluarkan dana ganti rugi. Sehingga kontraktor tidak bisa disalahkan,” imbuhnya.

Selain dilihat progres kinerjanya, para kontraktor juga akan dilihat kekuatan pendanaannya, sebab jika tidak punya modal bisa mengakibatkan proyek mangkrak.

“Secara aturan pencairan dana itu sesuai termen. Termen pertama ini biasanya uang muka, kemudian progres kedua mencapai 40 persen untuk termin kedua. Kontraktor harus punya dana 20 persen lagi. Nanti kalau tidak ada dana ya terpaksa kita putus kontrak daripada proyek mangkrak,” katanya. (Sugiyono)


Artikel ini telah tayang di tribunnews.com dengan judul Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Gresik akan Evaluasi Kinerja Rekanan yang Terancam Molor, http://jatim.tribunnews.com/2018/12/24/dinas-pekerjaan-umum-dan-tata-ruang-gresik-akan-evaluasi-kinerja-rekanan-yang-terancam-molor.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page : Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Iklan Bawah Artikel