Sejumlah Parpol di Gresik Siapkan Caleg Sebanyak Kursi DPRD

www.gresik24jam.org

Gresik24Jam - Pendaftaran calon legislatif (Caleg) yang dibuka sejak 4 Juli lalu mulai diantisipasi oleh sejumlah partai politik. Bahkan sejumlah parpol besar sudah mengalokasikan caleg sebanyak jumlah kursi di DPRD Gresik, yakni 50 kursi.

Langkah itu dilakukan agar dalam Pemilihan Umum Legislatif (Pilleg) tahun depan, mereka bisa menguasai kursi. Para caleg yang disiapkan juga rata-rata mereka yang sudah pernah duduk di kursi DPRD Gresik atau tokoh yang dikenal.

Pimpinan parpol bahkan memastikan mereka sudah mengalokasikan jumlah caleg maksimal, yakni 50 kursi. Mereka antara lain dari PPP, PKB, Golkar, dan PDIP.

Ketua DPC PDIP Gresik Hj Siti Muafiyah mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan 50 caleg. Mereka berasal dari kalangan milenial, incumbent anggota DPRD Gresik, tokoh masyarakat, dan sejumlah aktivis.

“Beberapa anggota dewan yang sempat libur periode 2014-2019, kali ini ikut nyalon. Ini bentuk kecintaan mereka terhadap kebesaran PDIP Gresik,” ujar istri politisi senior PDIP Jawa Timur, Bambang Suhartono.

Dijelaskan, caleg yang disiapkan bakal beradu mencari suara dengan caleg partai lain. “Pokoknya semua SDM-nya bagus-bagus dan siap bertarung habis-habisan untuk mendapatkan kursi,” tandasnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris DPC PPP Gresik, Khoirul Huda. Menurutnya, alokasi 50 caleg didasarkan aturan UU Pemilu. Karena dasar aturannya ada, pihaknya menyiapkan kader terbaiknya untuk meraih kursi di DPRD Gresik.

“Kan sudah aturannya, UU Pemilih jumlah caleg bisa sesuai dengan jumlah kursi dewan di kabupaten,” ujar Khoirul Huda

Dijelaskan, selain caleg maksimal, pihaknya juga menyiapkan caleg perempuan. Jumlahnya adalah 30 persen dari toal caleg. “Ini untuk memenjuhi ketentuan 30 persen keterwakilan perempuan. Intinya setiap daerah pemilihan nanti pasti ada caleg perempuannya,” kata Sekretaris DPC PPP Gresik ini. (sb/rof/ris/JPR)


Artikel ini telah tayang di fajar.co.id dengan judul Sejumlah Parpol di Gresik Siapkan Caleg Sebanyak Kursi DPRD, https://fajar.co.id/2018/07/09/sejumlah-parpol-di-gresik-siapkan-caleg-sebanyak-kursi-dprd/.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page : Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel