Sedikitnya 1.600 Karyawan Semen Indonesia Siap Demo, Ini Penyebab Utamanya...

gresik24jam.org

Gresik24Jam - Sedikitnya 1.600 karyawan PT Semen Indonesia dan anak usahanya siap turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasinya. Mereka akan menggelar demo pekan ini agar tuntutan mereka dilaksanakan oleh manajemen.

Sekretaris Umum Serikat Karyawan PT Semen Indonesia, Effnu Subianto menyebutkan, hingga Senin kemarin, pihaknya belum melihat direksi membuka dialog apalagi memenuhi tuntutan karyawannya.

“Dengan kondisi ini kami semakin yakin bahwa direksi yang saat ini menjabat tidak peduli terhadap karyawannya,” tegas Effnu.

Effnu bersama ribuan karyawan lain siap melakukan mogok kerja massal. Kegiatan mogok kerja rencananya dilakukan di Gedung Utama PT Semen Indonesia pada pada Kamis, mendatang. “Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan Gresik dan Polres Gresik. Surat izin demo juga sudah kami kantongi,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Effnu mengungkapkan, sebagai bentuk solidaritas dari perjuangan yang dilakukan karyawan PT SI, beberapa anak perusahaan produsen semen itu juga siap mengirimkan karyawannya untuk ikut bergabung.

“Aksi ini sebagai bentuk tertutupnya ruang komunikasi antara direksi dan karyawannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia, Agung Wiharto dikonfirmasi hal ini mengaku pihaknya menghormati apapun yang dilakukan oleh SKSI. Saat ini pihaknya terus mengupayakan jalan dialog dan menghindari aksi mogok kerja seperti tahun 2014 terulang kembali.

“Kami menghormati dinamika yang terjadi. Saat ini kami juga terus melakukan pendekatan pada karyawan guna mengakomodir apa yang menjadi tuntutan,” kata Agung.

Dijelaskan, jika dilihat lebih dalam sebenarnya apa yang dilakukan manajemen saat ini sudah maksimal. Utamanya pada hal efisiensi. “Biaya operasional sudah jauh turun jika dibandingkan tahun lalu,” kata Agung.

Sementara itu, salah seorang karyawan yang namanya enggan disebut saat dijumpai gedung utama PT Semen Indonesia menyayangkan apabila aksi tersebut sampai terjadi. Sebab, saat ini industri persemenan nasional sedang lesu.

“Kondisi perusahaan sedang susah, produsen semen asing juga banyak yang masuk ke Indonesia. Kalau aksi tersebut sampai terjadi tentu yang rugi bukan hanya perusahaan tapi negara,” kata pria berkacamata itu. (fir/ris)


Artikel ini telah tayang di radar.jawapos.com dengan judul 1.600 Karyawan SI Siap Demo, https://radar.jawapos.com/radarsurabaya/read/2018/07/03/85003/1600-karyawan-si-siap-demo.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page : Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel