Selasa, 31 Juli 2018

Diejek Suporter Indonesia, Malaysia U-16 Diminta Mundur dari Piala AFF


Gresik24Jam - Kasus dipasang terbaliknya bendera Indonesia dalam unggahan di media sosial milik pemain Tim Nasional (Timnas) Malaysia U-16 berbuntut panjang. Meski Amirul Ashrafiq Hanifah telah meminta maaf, kekeliruan itu tampaknya telah melukai hati masyarakat Indonesia.

Imbasnya, para pemain Malaysia U-16 mendapat ejekan dari suporter Indonesia saat mereka menghadapi Thailand U-16 dalam laga Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (30/7/2018). Ketika itu, sejumlah suporter Indonesia yang hadir menyanyikan lagu dengan lirik 'Malaysia itu anji**'.


Dan, ejekan itu ternyata ditanggapi serius oleh pihak Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM). Mereka bahkan mengadu kepada Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) dan Federasi Sepak Bola Asia (AFC) perihal kejadian itu.

Tak cukup sampai di situ, suara lebih lantang bahkan meminta skuat Malaysia U-16 untuk segera menarik diri dari perhelatan Piala AFF U-16. Hal itu disuarakan oleh pemilik Johor Darul Takzim, Tunku Ismail Ibni Sultan Ibrahim, melalui akun Twitter resmi klubnya.

"Selama perhelatan Piala AFF U-16 di Indonesia ketika Timnas Malaysia U-16 melawan Thailand, ada suporter (Indonesia) yang bernyanyi dengan nada provokasi 'Malaysia itu anj**' dan 'Amirul itu anji**'. Saya mendesak dan akan memastikan bahwa Presiden Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menulis surat protes resmi ke AFF dan AFC terkait dengan insiden itu, dan menarik diri dari turnamen (Piala AFF U-16) jika diperlukan. Saya percaya hal itu harus segera dilakukan," tulis Tunku Ismail Ibni Sultan Ibrahim.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Presiden FAM itu turut mempertanyakan diplomasi yang dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq. Menurutnya, dengan kejadian itu, diplomasi bukanlah hal yang tepat untuk mencapai jalan keluar.


"Nama negara kita sudah dinodai dan direndahkan. Mana yang lebih penting, untuk berjaya atau popular? Sebagai pimpinan, kita seharusnya tak boleh terlalu asyik untuk menyenangkan semua orang. Terkadang, kita harus membuat keputusan yang sulit dan tak disukai untuk kebaikan negara," pungkasnya.

Hawa panas tersebut bermula dari unggahan pemain Malaysia U-16 Amirul Ashrafiq Hanifah dalam Instagram Story miliknya. Alih-alih menaruh bendera Indonesia, ia justru menyematkan bendera Polandia. Hal itu kemudian memantik reaksi keras dari masyarakat Indonesia.


Artikel ini telah tayang di today.line.me dengan judul Diejek Suporter Indonesia, Malaysia U-16 Diminta Mundur dari Piala AFF, https://today.line.me/id/pc/article/Diejek+Suporter+Indonesia+Malaysia+U+16+Diminta+Mundur+dari+Piala+AFF-qrpMam.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page : Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jamg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar