Asal Mula Buaya Sepanjang 2,5 Meter di Gresik Dipanggil Pon-pon

www.gresik24jam.org

Gresik24Jam - Kebersamaan Andiyas (55), warga RT 5/RW 2 Kelurahan Lumpur, Kecamatan Gresik Kota, Gresik, dengan buaya rawa berjenis kelamin betina yang sempat diperliharanya berakhir, Selasa (10/7/2018).

Buaya yang sempat lepas tersebut, sudah dievakuasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Surabaya, untuk selanjutnya dibawa ke penangkaran buaya yang ada di Kota Batu, Malang.

“Saya sudah ikhlas dibawa petugas, meski sebenarnya dalam hati ini masih agak sedikit berat. Apalagi, kemarin juga sempat lepas dan membuat warga di sini heboh,” ujar Andiyas, Selasa (10/7/2018).

Buaya tersebut sehari-hari dipelihara di halaman belakang rumah Andiyas, di kandang yang menyerupai kubangan dengan ukuran panjang 2 meter, lebar 1,3 meter, dengan kedalaman sekitar 0,5 meter. Buaya ini biasa dipanggil dengan sebutan Pon-pon.

“Saya dan keluarga biasa memanggilnya dengan Pon-pon. Saya berikan nama itu, sebab saat saya temukan dulu itu pas Pon (pasaran Jawa),” jelasnya.

Untuk makanan, Pon-pon biasa diberikan makanan berupa daging ayam segar.

Dengan keseharian, hewan amphibi itu disebut Andiyas jarang berlaku aneh-aneh dan cenderung tidak membahayakan pemilik serta keluarganya.

“Empat hari sekali kami berikan ayam segar, itu pun nggak banyak, paling seperempat kilogram. Tapi nggak tahu kenapa, kemarin pas diberi makanan oleh anak saya seperti biasanya, Pon-pon tiba-tiba berontak dan berhasil keluar rumah,” tutur Andiyas.

Pon-pon pertama kali ditemukan Andiyas sebesar biawak di tambak tak jauh dari rumahnya. Ia kemudian memeliharanya selama lima tahun di kandang yang berada di halaman belakang rumah.

Namun hal tak disangka sempat terjadi. Pon-Pon sempat berontak dan menerobos keluar rumah pada Minggu (8/7/2018), yang sempat menghebohkan warga sekitar.


Artikel ini telah tayang di regional.kompas.com dengan judul Asal Mula Buaya Sepanjang 2,5 Meter di Gresik Dipanggil Pon-pon, https://regional.kompas.com/read/2018/07/10/20323701/asal-mula-buaya-sepanjang-25-meter-di-gresik-dipanggil-pon-pon.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page : Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jamg

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel