Komunitas Seni Genisa Prihatin dan Kini Kembangkan Kesenian Tradisional di Gresik Selatan

gresik24jam.org

Gresik24Jam - Wadah untuk mengembangkan kesenian mungkin masih jarang ditemui di Gresik Selatan. Untuk itu, keberadaan komunitas seni Generasi Pecinta Seni dan Sastra (Genisa) diharapkan menjadi jembatan pengembangan kesenian di wilayah itu.

WILAYAH Gresik Selatan meliputi Kecamatan Duduksampean, Cerme, Benjeng, Balongpanggang, Menganti, Kedamean, Driyorejo, hingga Wringinanom. Sejumlah seniman muda Gresik Selatan menggawangi wadah yang bisa jadi andalan di bidang seni.

Mereka melakukan berbagai kegiatan seni tradisional, seperti gamelan, tari tradisional hingga pewayangan. "Komunitas ini memang banyak digawangi oleh anak muda, di usia remaja hingga muda dewasa," terang Ketua Komunitas Genisa, Hengky Lengkung Kusuma Jati.

Tak hanya melakukan praktik kesenian setiap minggu, lokasinya bergantian di berbagai wilayah. Mereka bisa berkumpul di balai, sanggar hingga aula dan lapangan. Kesenian yang menjadi khas dari komunitas ini adalah seni perdalangan, hingga gamelan.

"Biasanya kalau libur sekolah begini banyak hal yang bisa kita lakukan untuk kita proses," papar dia.

Untuk meningkatkan bakat dan apresiasi anggota, komunitas ini kerap mengisi berbagai kegiatan seni di Gresik Selatan. Mereka mulai bergabung dengan berbagai acara swni, hingga melakukan aksi tunggal.

"Sebisa mungkin kita rutin melakukan pagelaran seni, agar para anggota bisa mengjasilkan berbagai karya seni dan proses kita juga tidak sia-sia," lanjut Hengky.

Baru-baru ini mereka juga akan mengadakan pagelaran di Kecamatan Kedamean. Yakni kegiatan seni yang juga melibatkan banyak pemuda. Menurut dia, dengan proses kesenian bisa membuat para pemuda lebih kreatif dan percaya diri dalam berkarya. “Setiap pementasan dan keterlibatan anggota di setiap acara bisa menjadi apresiasi bagi mereka,” urai dia.

Komunitas yang beranggota 74 anak ini memang konsen pada kesenian tradisional. Salahsatu anggotanya,  Yogi Kurniawan mengatakan, sudah banyak mendalami kesenian karawitan. Menurut dia,sedikit wadah bagi dia untuk mengambil ilmu terkait music tradisional ini. Terlebih, kegiatan untuk pentas juga terbatas. “Jadi sangat terbantu ketika mengikuti komunitas ini,” imbuh Yogi.


Artikel ini telah tayang di jawapos.com dengan judul Kembangkan Kesenian Tradisional di Gresik Selatan, https://radar.jawapos.com/radarsurabaya/read/2018/06/13/81302/kembangkan-kesenian-tradisional-di-gresik-selatan.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page : Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel