Curi Puluhan Ternak Dengan Modal Kecap, Begini Kronologinya

gresik24jam.org

Gresik24Jam - Satreskrim Kepolisian Resor (Polres) Gresik, Jawa Timur (Jatim) meringkus komplotan pencuri hewan ternak. Para pelaku diketahui menggunakan modus baru yaitu mengoleskan kecap untuk menjinakkan kambing maupun sapi.

Kapolres Gresik, AKBP Wahyu Sri Bintoro mengatakan, pelaku berjumlah tiga orang yakni Habib Solahuddin (25) dan Fajar Abrori (25), warga Desa Karangrejo, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, serta Jianto (40), warga Desa Kedungpring, Kabupaten Lamongan, diringkus Satgas Black Panther Polres Gresik. Mereka diduga mencuri ternak di wilayah Kecamatan Sidayu, Ujungpangkah, Dukun, dan Panceng.

“Mereka diringkus ketika menurunkan 15 ekor kambing dari dalam mobil Toyota Avanza saat bertransaksi dengan pembeli di kawasan Pasar Ternak, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan,” kata Wahyu, Kamis (7/6/2018).

Menurut Wahyu, tersangka mengaku mengoleskan kecap di mulut hewan ternak, supaya menjadi penurut dan tidak mampu bersuara meski dinaikkan ke dalam mobil. Bahkan karena jinaknya hewan tersebut, dalam sekali angkut mereka mampu memasukan 15 sampai 20 ekor kambing dan satu ekor sapi di mobilnya.

Dia menceritakan pengungkapan kasus tersebut berawal dari kecurigaan warga, karena para tersangka sering mondar-mandir keliling kampung dengan mobil yang berbeda-beda. Polisi dan warga kemudian menyelidikinya hingga berhasil memergoki kawanan tersangka, saat menjual hewan ternak hasil curiannya.

“Kawanan pencuri sudah lama diincar polisi. Mereka dikenal licin dan sudah berulang kali mencuri ternak di wilayah Gresik utara,” ujarnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, para tersangka kini mendekam di Mapolres Gresik. Mereka dijerat pasal 363 ayat 1 ke-1 dan 4 KUHP tentang Pencurian, dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.


Artikel ini telah tayang di inews.id dengan judul Modal Kecap, Habib dan Sahabatnya Curi Puluhan Ternak di Gresik, https://www.inews.id/daerah/jatim/146485/modal-kecap-habib-dan-sahabatnya-curi-puluhan-ternak-di-gresik.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page : Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Iklan Bawah Artikel