Selasa, 22 Mei 2018

Mau Beli Mobil Baru yang Ringkih Atau Mobil Jadul yang Kokoh?

gresik24jam.org

Gresik24jam - Banyak pendapat yang mengatakan bila mobil baru lebih ringkih dibanding model lawas. Hal ini tentu tidak lepas dari matrial mobil yang digunakan pabrikan.

Seperti diketahui, mobil lawas rata-rata masih menggunakan matrial besi sebagai rangka bodi. Kendati demikian NHTSA (lembaga keselamatan transportasi Amerika) baru-baru ini mengungkapkan, bila mobil keluaran baru lebih aman saat terjadi kecelakaan fatal.

"Kami menyarankan masyarakat untuk membeli mobil sesuai selera, dana dan kebutuhan. Dengan tambahan asuransi maka Anda telah berinvestasi pada keselamatan," kata Heidi King, NHTSA Deputy Administrator, dikutip dari Carcoops, Selasa (22/5/2018).

Data menunjukkan, mereka yang menggunakan mobil lawas dan terlibat kecelakaan mengalami potensi meninggal, mencapai 55 persen. Sedangkan mobil keluaran baru berpotensi meninggal 26 persen.

"Analis menunjukkan efek kecelakaan terhadap penumpang mobil lawas lebih fatal ketimbang mobil keluaran terbaru," tambahnya.

Dalam hal ini, mobil lawas dikategorikan mobil produksi sebelum 2012. Sedangkan mobil baru adalah mobil yang dirakit setelah tahun tersebut. Semakin modern mobil, memang fitur keselamatan selalu meningkat.


Artikel ini telah tayang di Suara.com dengan judul Mobil Baru Lebih Ringkih? Kok Bisa?, https://www.suara.com/otomotif/2018/05/22/135814/mobil-baru-lebih-ringkih-kok-bisa.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Niat Massa Buruh Demo Depan Kantor DPRD Untuk Menemui Anggota Dewan, Eh Malah Kunker Semua

gresik24jam.org

Gresik24jam - Puluhan anggota serikat pekerja yang tergabung dalam SPBU Kasbi Kabupaten Gresik unjuk rasa di depan kantor DPRD Gresik, Selasa (22/5/2018).

Sayang, tidak ada satupun anggota DPRD Gresik yang menemui para pengunjuk rasa. Padahal mereka sebelumnya sudah melayangkan surat pemberitahuan.

Dalam aksi tersebut, massa menggelar orasi di depan pagar gedung DPRD untuk menyampaikan aspirasi.

Mereka minta DPRD Gresik menindak pelanggaran yang diduga dilakukan perusahaan di Kecamatan Manyar.

"Perusahaan itu tidak mengangkat puluhan pekerja yang sudah hampir lima tahun jadi pekerja tetap. Padahal sesuai aturan sudah seharusnya menjadi karyawan," tegas Safiudin, Ketua SPBU Kasbi Kabupaten Gresik.

Permasalahan lain, ketika buruh menggelar unjuk rasa mogok kerja di perusahaan tempat bekerja dianggap mengundurkan diri oleh perusahaan. Padahal, unjuk rasa yang dilakukan sudah sesuai aturan.

"Kita sudah memberi izin dan pemberitahuan. Tapi diangggap mangkir kerja," sergahnya.

Selama massa berorasi di depan DPRD Gresik, tidak sapun anggota dewan yang menemuinya. Padahal sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada DPRD Gresik.

"Kita memberitahu resmi akan audiensi terkait permasalahan ketenagakerjaan. Tapi, buktinya tidak ada satupun anggota Dewan yang mau menemuinya," katanya.

Massa aksi dijanjikan pegawai Sekretariat Dewan akan dipertemukan dengan anggota DPRD Gresik, pada Kamis (24/5/2018).

"Semua Anggota Dewan sedang KKLD (Kunjungan kerja luar daerah, red)," ucap Staf Sekretariat DPRD Gresik. (Surya/Sugiyono)


Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Massa Buruh Gresik Demo Kantor DPRD, Eh Wakil Rakyat Malah Kunker Semua, http://jatim.tribunnews.com/2018/05/22/massa-buruh-gresik-demo-kantor-dprd-eh-wakil-rakyat-malah-kunker-semua.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Berikut 5 Mitos di Bulan Ramadhan yang Nggak Boleh Dipercaya

gresik24jam.net

Gresik24jam - Bulan Ramadan menjadi sebuah momen yang begitu dinanti semua umat muslim di dunia, mengingat bulan suci ini memiliki banyak keistimewaan dan menjadi momen tepat untuk memperbaiki diri. Namun sayangnya, di tengah keriuhan Ramadan terdapat mitos-mitos yang tersebar dan tak semestinya dipercaya.

Nah agar ibadah puasamu berjalan dengan lancar dan tak terganggu dengan berbagai mitos seputar Ramadan, yuk simak informasi berikut ini.


1. Puasa Ramadan selalu dilakukan selama 30 hari.

Tak seperti bulan-bulan di kalender masehi, Ramadan yang merupakan bulan ke-9 di kalender Hijriyah ini tak memiliki jumlah tanggal yang sama setiap tahunnya, yaitu tergantung pada kemunculan bulan sabit pertama yang menandai awal bulan baru.

2. Tak diperbolehkaan menyikat gigi selama berpuasa.

Ada banyak orang yang menghindari menyikat giginya saat berpuasa. Padahal Rasulullah bersabda, “Seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu". (HR: Al Bukhari)

Ya, jika berdasarkan hadist di atas, menyikat gigi saat berpuasa bukanlah hal yang dilarang.

3. Semua umat muslim harus menjalankan puasa tanpa terkecuali.


Menjalani ibadah puasa Ramadan memang hal wajib yang harus dilakukan setiap muslim. Namun ibadah ini ada pengecualian, di mana puasa wajib dilakukan oleh muslim yang sudah dewasa, berakal, mampu menjalaninya secara fisik dan tidak dalam keadaan haid atau nifas.

4. Larangan di bulan Ramadan hanya makan dan minum di siang hari.

Menahan lapar dan haus bukanlah satu-satunya hal yang harus dilakukan selama menjalani ibadah puasa Ramadan. Di bulan suci ini, setiap muslim juga dianjurkan untuk memperbaiki diri dan fokus pada hal-hal yang dapat membuat diri menjadi lebih baik, termasuk hubungan dengan Allah SWT dan sesama manusia.

5. Makan dan minum secara tak sengaja membuat puasa batal.


Hal ini tidak benar ya, karena jika kamu menyantap makanan dan minuman dalam keadaan lupa atau tak sengaja tak akan membatalkan puasamu. Saat ini terjadi padamu, segera berhenti makan atau minum dan lanjutkan kembali puasamu.


Artikel ini telah tayang di Bintang.com dengan judul Fakta Unik: 5 Mitos Ramadan yang Nggak Boleh Dipercaya, https://www.bintang.com/lifestyle/read/3532666/fakta-unik-5-mitos-ramadan-yang-nggak-boleh-dipercaya/page-3.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Pantai Ngemboh Gresik, Bisa Menjadi Alternatif Jujukan Ngabuburit Terkini

gresik24jam.org

Gresik24jam - Pantai Ngemboh yang berada di Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menjadi jujukan masyarakat saat Ramadhan tiba, yakni untuk mengisi kegiatan menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit.

Pantai sepanjang 1,5 Kilometer yang dibatasi oleh plengsengan itu ramai dikunjungi masyarakat dari Kabupaten Gresik maupun luar kota.

Mereka mengisi berbagai kegiatan antara lain dengan menikmati panorama keindahan pantai maupun memancing. Masyarakat juga dapat membeli aneka jajanan takjil yang dijual warga sekitar.

Tak jarang, masyarakat juga menghabiskan waktu untuk berbuka puasa di lokasi tersebut, sembari melihat panorama matahari terbenam (Sunset) di ufuk barat.

Seperti yang dilakukan Rohma (37), warga Panceng, sejak pukul 15.00 WIB, ia bersama keluarganya memilih tempat ngabuburit di Pantai Ngemboh. Selain pantainya bagus, kata dia, akses menuju pantai strategis, dan tidak dipungut biaya masuk.

"Suasananya enak, anginnya sepoi-poi. Jadi cocok untuk ngabuburit bersama keluarga," katanya,

gresik24jam.org

Selain menikmati pantai yang masih alami, Rohma membeberkan, salah satu alasan menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa adalah di lokasi pantai banyak yang berjualan aneka macam takjil.

"Banyak yang berjualan takjil, jadi lengkap. Ada yang jual minuman, hingga makanan," tambah dia.

Ardiansyah (19) warga lain menjelaskan, Pantai Ngemboh semakin ramai kalau Bulan Ramadhan. Masyarakat yang didominasi muda-mudi banyak menghabiskan waktu di sekitar lokasi.

Mereka memanfaatkan keindahan pantai dan panorama alam untuk melakukan swafoto (Foto diri) di sekitar lokasi dengan spot foto pantai dan tenggelamnya matahari.

Pantai Ngemboh, kata dia, dapat menjadi alternatif tempat wisata selain Wisata Mangrove, Ujungpangkah dan Pantai Dalegan, Panceng. "Pantainya bagus, semakin banyak pengunjung kalau Bulan Ramadhan," imbuhnya. (*)


Artikel ini telah tayang di Timesindonesia.co.id dengan judul Ramadhan Gresik, Pantai Ngemboh Jadi Jujukan Ngabuburit, https://www.timesindonesia.co.id/read/176717/20180520/171226/ramadhan-gresik-pantai-ngemboh-jadi-jujukan-ngabuburit/.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Minggu, 20 Mei 2018

Kopi Ijo Tulungagung sampai Kopyok Gresik, 7 Penyajian Kopi "Tak Biasa" yang Cuma Ada di Indonesia

gresik24jam.net

Gresik24jam - Indonesia memang tak pernah ada matinya.

Ada-ada saja cara menciptakan kuliner yang tak dimiliki negara lain.

Salah satunya kopi.

Tak cuma diseduh dengan air, ada banyak penyajian unik yang siap bikin kamu tercengang.

Mulai dari kopi telur, kopi kapa daun yang mengggunakan daun kopi, dan masih banyak lagi.

Dikutip TribunTravel.com dari berbagai sumber, 7 penyajian kopi tak biasa yang cuma ada di Indonesia.

1. Kopi ijo Tulungagung

gresik24jam.org

Tulungagung punya kopi khas yang unik.

Namanya kopi ijo.

Jika kebanyakan kopi berwarna hitam, kali ini warnanya agak kehijauan.

2. Kopi Kawa

gresik24jam.org

Kopi ini hanya dapat ditemukan di Sumatera Barat.

Keunikannya karena tidak menggunakan biji melainkan daun kopi.

Daun kopi sebelum dikumpulkan, dikeringkan, kemudian disangrai.

Selanjutnya diseduh.

Biasanya disajikan dengan batok kelapa.

3. Kopi Talua

gresik24jam.org

Kopi khas Minang, Sumatera Barat ini menggunakan bahan utama kopi, kuning telur, kayu manis, dan susu.

Selain menyegarkan, juga baik untuk tubuh.

Penyajikannya terbilang unik.

Kuning telur dimasukkan ke dalam gelas yang sudah diisi dengan susu kental manis.

Kemudian ditambahkan bubuk kayu manis dan dikocok sampai mengembang.

Selanjutnya diseduh dengan kopi panas.

4. Kopi Kopyok Gresik

gresik24jam.org

Kopi yang satu ini ditumpuk kasar.

Kemudian seduh dengan air mendidih.

Rasa bubuk kopi yang kasar dan masam dapat kamu rasakan.

5. Kopi Joss

gresik24jam.org

Jika kamu sedang berada di Jogja, jangan pernah melewatkan minuman ini.

Sekilas pembuatan kopi ini seperti kebanyakan.

Bedanya terletak pada penambahan arang panas panas kopi.

Dikatakan jika kopi jos sangat baik untuk menghilangkan pegal dan masuk angin.

6. Kopi durian

gresik24jam.org

Kamu penggemar durian dan kopi?

Jika ya, wajib mencoba kopi durian.

Minuman khas Lampung ini punya penyajian yang unik.

Dimana kopi yang sudah diseduh, diberi buah durian utuh di dalamnya.

7. Kopi Rarobang

gresik24jam.org

Kopi khas Ambon ini punya penyajian yang unik.

Sebab menambahkan berbagai rempah-rempah di dalamnya.

Kopi direbus bersama dengan jahe, cengkeh, kayu manis, serah, dan gula.

Selanjutnya diberi tambahan biji kenari sebagai penambah rasa.


Artikel ini telah tayang di Travel.tribunnews.com dengan judul Kopi Ijo Tulungagung sampai Kopyok Gresik, 7 Penyajian Kopi ' Tak Biasa' yang Cuma Ada di Indonesia, http://travel.tribunnews.com/2018/05/20/kopi-ijo-tulungagung-sampai-kopyok-gresik-7-penyajian-kopi-tak-biasa-yang-cuma-ada-di-indonesia.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Sabtu, 19 Mei 2018

Polisi Gresik Bagikan Takjil Gratis Kepada Masyarakat

gresik24jam.org

Gresik24jam - Puluhan personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gresik membagi-bagikan makanan buka puasa (takjil) kepada para pengendara yang melintas di jalan Gubernur Suryo, Gresik, Jum’at (18/5/2018).

Kanit Dikyasa Ipda Darwoyo yang saat itu memimpin kegiatan bagi-bagi takjil buka puasa ke pengendara mengatakan, aksi simpatik tersebut merupakan bagian dari upaya Polres Gresik mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat Gresik.

“Kami menghormati dan peduli pada saudara kita yang menjalankan ibadah puasa. Kita berharap santapan berbuka puasa ini bisa menjalin tali silaturahmi,” ujar Ipda Darwoyo.

Kasat Lantas Polres Gresik AKP Wikha melalui Kanit Dikyasa Ipda Darwoyo berharap pemberian takjil tidak hanya kali ini saja, tapi dilakukan berkelanjutan di hari-hari berikutnya dengan mengambil lokasi yang berbeda dan merupakan salah satu titik simpul kepadatan lalu lintas.

Selain membagikan takjil kepada para pengendara, personel Satlantas Polres Greaik juga mengimbau pengendara agar tertib berlalu lintas dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara.

“Kita juga menyampaikan pesan kepada pengendara untuk menaati peraturan dalam berlalu lintas. Seperti memakai helm dan kelengkapan surat kendaraan dan sebagainya,” tuturnya.

Sementara itu, pembagian takjil juga dilakukan dibeberapa tempat seperti panti asuhan serta komunitas becak Gresik. (as)


Artikel ini telah tayang di Beritagresik.com dengan judul Polisi Gresik Bagikan Takjil Gratis Kepada Masyarakat, http://beritagresik.com/news/peristiwa/19/05/2018/polisi-gresik-bagikan-takjil-gratis-kepada-masyarakat.html.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Latih Kepekaan Sosial Generasi Muda, Pemuda NU di Gresik Bagi-bagi Takjil ke Pengguna Jalan

gresik24jam.org

Gresik24jam - Puluhan pemuda Nahdlatul Ulama Kecamatan Duduksampean memanfaatkan bulan Suci Ramadan untuk membagikan takjil kepada masyarakat yang melintas di Jl Raya Duduksampean. Kegiatan ini untuk mengajarkan kepedulian terhadap masyarakat.

Kegiatan sosial yang diikuti pemuda NU dari berbagai kalangan yaitu pengurus Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda (PAC GP) Ansor Kecamatan Duduksampean, Ikatan Pelajaran NU dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Kecamatan Duduksampean.

Akhmed Khusaini, pengurus GP Ansor Kecamatan Duduksampeyan mengatakan, kegiatan pembagian menu takjil kepada pengguna Jl Raya Duduksampean ini dinilai sangat layak, sebab jalan raya Duduksampean merupakan akses perjalanan masyarakat dari Surabaya ke Semarang dan sebaliknya.

Selain itu, banyak pengguna jalan yang dekat diantara dari Gresik ke Lamongan, Tuban dan Bojonegoro.

"Jadi banyak pengguna jalan yang membutuhkan menu takjil untuk berbuka puasa," kata Ahmed, Jumat (18/5/2018).

Menurut Ahmed, walaupun menu takjil yang dibagikan sangat sederhana berupa air mineral dan makanan ringan tapi minimal bisa digunakan untuk menu awal berbuka puasa. Sebab, terkadang dalam perjalanan pulang kerja belum sempat mencari jajan untuk berbuka puasa.

Kegiatan sosial yang melibatkan badan otonom pemuda NU, mulai GP Ansor, IPNU, IPPNU dan anggota Sosial Emergency Response (SER) NU.

Kegiatan ini sengaja untuk membangun kesadaran generasi muda NU untuk berbagai dan peduli terhadap masyarakat.

"Kegiatan sosial ini untuk mengajak Pemuda NU berkarya dan berbakti pada masyarakat di bulan suci Ramadan," kata Syamsul Arifin, anggota SER NU Kecamatan Duduksampean.


Artikel ini telah tayang di Surabaya.tribunnews.com dengan judul Pemuda NU di Gresik Bagi-bagi Takjil ke Pengguna Jalan, Latih Kepekaan Sosial Generasi Muda, http://surabaya.tribunnews.com/2018/05/18/pemuda-nu-di-gresik-bagi-bagi-takjil-ke-pengguna-jalan-latih-kepekaan-sosial-generasi-muda.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Bukit Jamur Destinasi Wisata Kekinian yang Dimiliki Gresik, Karena Alami Nan Unik

gresik24jam.org

Gresik24jam - Kekayaan alam Indonesia memang selalu menarik untuk dijelajahi. Seperti daerah wisata unik yang belakangan digemari di kota Gresik bernama Bukit Jamur.

Daerah wisata yang dulu bernama Bukit Dakar ini sebenarnya merupakan bekas tambang kapur yang sudah ditinggalkan. Di sini, kamu akan menemukan batuan-batuan yang berbentuk seperti jamur dengan berbagai ukuran.

Batu-batu jamur ini terbentuk secara alami akibat pengikisan yang terjadi selama bertahun-tahun. Batu yang berada di puncak lebih kokoh dibandingkan batu di bagian bawah. Hal ini menyebabkan bagian bawah batu ini mudah terkikis hingga akhirnya terbentuk seperti batang jamur.

Buat kamu yang tertarik berkunjung ke Bukit Jamur, yuk simak fakta-fakta unik tentang destinasi wisata hits di Gresik berikut ini.

1. Inilah destinasi wisata Bukit Jamur yang ada di Desa Bungah, Gresik, Jawa Timur

gresik24jam.org

Dari awal, daerah ini memang bukan tempat wisata. Dulu Bukit Jamur hanyalah padang tandus bekas penambangan batu kapur. Namun, nama Bukit Jamur mulai naik sejak muncul di acara travelling salah satu stasiun tv swasta di Indonesia. Sekarang, Bukit Jamur menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

2. Pemandangan di Bukit Jamur unik dan indah, cocok untuk penyuka fotografi

gresik24jam.org

Padang yang luas dengan aksen batuan berbentuk jamur, ditambah dengan pemandangan langit biru cerah menjadikan panorama Bukit Jamur selalu diincar oleh para pecinta fotografi. Hasil jepretan kamu dijamin akan terlihat artistik!

3. Datanglah saat pagi atau sore hari

gresik24jam.org

Bukit Jamur adalah perbukitan luas yang gersang. Tidak ada pohon-pohon besar disekitar tempat wisata ini. Oleh karena itu, kalau kalian tak ingin merasakan terik matahari yang menyengat, datanglah pada pagi atau sore hari. Pada saat itu, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan langit yang cantik!

4. Terasa seperti di negeri dongeng

gresik24jam.org

Saat berjalan-jalan di sini, kamu akan merasa seperti liliput yang berjalan-jalan di bukit jamur raksasa.

5. Semua batuan yang berbentuk jamur ini tercipta secara alami lho

gresik24jam.org

Seluruh bentuk jamur yang ada di perbukitan ini bukan dipahat, tapi terbentuk secara alami. Selama bertahun-tahun, batuan yang ada di sini mengalami pengikisan. Pada bagian atas, batuannya lebih kokoh sehingga bentuk batunya tak berubah.

Sedangkan di bagian bawah, batuannya lebih rapuh hingga mudah terkikis. Hal inilah yang membuat batu terlihat seperti jamur, lengkap dengan batang dan payungnya.

6. Batuan berbentuk jamur terhampar di perbukitan yang luas dengan ukuran yang beragam

gresik24jam.org

Ukuran batu jamur di sini beragam. Ada yang tingginya tak sampai 1 meter, ada pula yang menjulang tinggi hingga 7 meter.

7. Bisa jadi spot asik untuk foto Instagram, nih!

gresik24jam.org

Banyak wisatawan yang memanfaatkan Bukit Jamur ini untuk berfoto. Gak heran deh, soalnya panorama alam di bukit ini memang memesona!

8. Kamu tertarik berkunjung ke Bukit Jamur ini?

gresik24jam.org

Tiket masuk Bukit Jamur ini murah banget, lho! Kalian hanya perlu membayar parkir sebesar 3000 rupiah untuk motor dan 10.000 rupiah untuk mobil. Sangat terjangkau kan?


Artikel ini telah tayang di Travel.idntimes.com dengan judul Indahnya Panorama Bukit Jamur, Destinasi Wisata Baru yang Unik dari Gresik, https://travel.idntimes.com/destination/ulfa-luthfia/indahnya-panorama-bukit-jamur-destinasi-wisata-baru-yang-unik-dari-gresik-c1c2.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Kamis, 17 Mei 2018

Demi Kenyamanan Dan Ketentraman Warga, Polisi Lakukan Patroli

gresik24jam.org

Gresik24jam - Mengawali Bulan Ramadhan 1439 H. Kepolisian Resort (Polres) Gresik menggelar patroli bersama dengan Kodim 0817 guna memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat. Sebelum menggelar patroli, kepolisian setempat me-launching unit reaksi cepat 'Black Panther' Satreskrim.

Unit reaksi cepat itu, selain terdiri dari anggota Satreskrim, juga ada beberapa anggota Polwan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas yang terjadi di wilayah hukum Gresik.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro mengatakan, dibentuknya unit reaksi cepat tersebut untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat. Khususnya, di Bulan Ramadhan hingga Lebaran.

"Wilayah Gresik sangat berdekatan dengan Surabaya yang baru saja diguncang teror bom. Sebagai daerah yang berbatasan secara langsung kami tidak ingin kecolongan dan selalu melakukan patroli bersama dengan rekan-rekan TNI serta Satpol PP Gresik," katanya, Kamis (17/05).

Disamping memberikan rasa nyaman dan aman. Kegiatan patroli bersama ini akan terus berlanjut hingga ke moment pilkada. Harapannya, melalui kegiatan itu suasana kondusif di wilayah Gresik tetap berlangsung.

"Jumlah personel dalam patroli yang di unit reaksi cepat Black Panther terdiri dari 45 anggota berkeliling mengendarai kendaraan trail. Dalam waktu dekat juga ada tambahan dari beberapa unsur mulai dari Kodim 0187, Satpol PP Gresik, dan sejumlah security. Kami sengaja melibatkan Polwan yang nantinya bertugas melakukan penggeledahan pada perempuan maupun anak-anak," tandasnya. [dny/kun]


Artikel ini telah tayang di Kumparan.com dengan judul Berikan Rasa Nyaman, Polisi Gresik Lakukan Patroli, https://kumparan.com/beritajatim/berikan-rasa-nyaman-polisi-gresik-patroli-bersama.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Senin, 14 Mei 2018

Usaha Songkok Lukis Kartun Karya Warga Gresik Semakin Banyak Peminatnya

gresik24jam.org

Gresik24jam - Jelang ramadan, peminat songkok lukis makin meningkat. Para  perajin songkok lukis Gresik  pun kebanjiran pesanan, bahkan naik  hingga 50 persen. Berbeda dengan tahun lalu, tren songkok kartun kini sedang digandrungi.

Jari jemari Julian, salah satu pegawai produksi songkok lukis terlihat sangat jeli  membuat songkok tulis Sekaone. Dengan penuh kesabaran, Julian membuat karakter kartun pada songkok berwarna putih itu.

Perajin Songkok Lukis Sekaone, Muhammad Anhar mengaku kerepotan memproduksi songkok yang terbuat dari produksi tangan atau handmadeitu. Songkok yang dilukis ini merupakan songkok dengan berbagai karakter kartun di dalamnya.

“Kalau mulanya hanya puluhan kodi, satubulan hingga pesanan untuk Ramadan mendatang bisa sampai 134 kodi,” kata  Anhar. Berbeda dengan tren tahun sebelumnya. Tahun lalu, ia hanya membuat songkok lukis bertema kartun seperti ilustrasi masjid dan sebagainya. Namun, peminat  justru banyak orangtua yang ingin memberikannya kepada buah hati. “Jadi megikuti tren karakter kartun yang sedang booming saat ini,” kata Anhar.

Anhar mengaku melukis songkok sesuai dengan apa yang ada dalma imajinasinya. Namun, karena pesanan membludak, maka karakter kartun yang larispun harus dimal agar bisa dilukis lebih cepaat. Alhasil, ia harus menambahk aryawanuntuk memenuhi pesanan yang menjadi banyak ini. “Sekarang terbagi dalam empat bidang dan tanggungjawab, misal dibagian mal gambar, melukis, mendaftar dan finishing hingga melakukan packaging,”  jelasnya..

Dikatakan, setiap hari bisa menyelesaikan minimal delapan kodi hingga sepuluh kodi songkok lukis. Songkok putih yang diproduksi dengan bahan kalbut. Meski sudah ada produk baru dengan songkok mhitam bludru, namun pasarnya masih dominan songkok lukis kalbut yang putih. “Pewarnanaya kita menggunakan warna tekstil,” tegasnya.

Salah satu pegawai yangturut mearasakan peningkatan drastis produksi songkok lukis ini adalah Julian Dwiki. Laki-laki asal Jalan Pahlawan ini mengatakan m,ulai menmbah jam kerjanya selama satu bulan ini. terbilang baru menjadi pelukis dengan media songkok, julian mengaku sempat kesulitan. Tetapi, karena tuntutan pesanan yang meningkat drastis, jadi lebih terbiasa melukisnya. “Sebelumnya juga sering melukis meski bukan di media songkok,” imbuh dia.

Pecinta songkok, Erna Wijaya, 36, mengatakan songkok lukis yang dinilainya lucu ini bisa memberi semnagat kepada aanak-anak. Aplaagi untuk anak-anak yang masih belajar puasa. “Mereka tertarik dan senang mendapat songkok lukis,” tutup di. (*/han)


Artikel ini telah tayang di Jawapos.com dengan judul Songkok Lukis Kartun Kian Digandrungi, https://www.jawapos.com/radarsurabaya/read/2018/05/14/72989/songkok-lukis-kartun-kian-digandrungi.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Minggu, 13 Mei 2018

Menuju Hasil Yang Lebih Baik, IKM Gresik Dilatih Kelola Keuangan dan Pengawetan Mamin

gresik24jam.org

Gresik24jam - Untuk meningkatkan kemampuan Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Gresik, Dinas Koperasi, Usaha Mikro Dan Perindag (Diskoperindag) Kabupaten Gresik menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya untuk melakukan pembinaan.

Ada 50 orang pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang ikut pembinaan yang berlangsung di Ruang Rapat Diskoperindag Gresik, Jum’at (11/5/2018). Pada Pembinaan yang dilakukan oleh LPPM Stiesia kali ini yaitu tentang pengawetan makanan dan minuman serta pembuatan neraca keuangan.

Hal ini senada keinginan pihak Diskoperindag Gresik yang disampaikan oleh Kepala Dinasnya Agus Budiono. Katanya, agar produk para IKM Gresik bisa diterima masyarakat. Maka perlu kiranya menggunakan bahan bahan terbaik.

“Jangan sekali-kali menggunakan pengawet, pewarna, dan pemanis yang tidak aman. Gunakan yang alami atau yang sudah direkomendasikan oleh Pihak Dinas/Departemen Kesehatan atau BP. POM. Hal ini penting, apalagi ada produk yang penjualannya sampai ke luar negeri” katanya.

Agus Budiono juga menyampaikan kepada para pelaku IKM yang hadir untuk segera mengurus hak patent. Menurut Agus Budiono jumlah IKM Gresik yang punya merek dan hak patent hanya sekitar 4%.

“Manfaatkan kesempatan ini terutama bagi mereka yang sudah punya merek agar mengurus hak patentnya. Daripada mengurus sendiri dengan biaya jutaan, lebih baik memanfaatkan kesempatan ini mengurus hak patent gratis melalui Diskoperindag” harapnya.

Sementara Ketua LPPM STIESIA Surabaya. Prof. Ir. Hening Widi Oetomo mengatakan, selain peningkatan kinerja LPPM dalam pengabdian masyarakat, kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas IKM di daerah.

“Kami sadar, materi yang kami berikan ini sangat dibutuhkan oleh para pelaku IKM. Kami menggandeng Universitas WR Supratman Surabaya untuk materi pengawetan makanan dan minuman. Sementara pihak Universitas Stiesia memberikan materi pembuatan neraca keuangan” katanya.

Masih menurut Hening Widi Oetomo, pihaknya melihat selama ini para pelaku IKM jarang membukukan keuangannya dengan baik. Sehingga antara modal dan keuntungan tidak termonitor dengan baik.

Disinilah kami melatih pembuatan neraca keuangan. Tentunya kedepan agar usaha mereka lebih akuntabilitas. Ketika Neraca keuangannya sudah baik, tentu mereka lebih optimis dalam pengembangan usaha. Dari segi permodalan akan lebih mendapat kepercayaan dari Bank dan pemasaran akan semakin baik. (sdm/edited by Diskominfo Kab. Gresik)


Artikel ini telah tayang di gresikkab.go.id dengan judul IKM Gresik Dilatih Kelola Keuangan dan Pengawetan Mamin, http://gresikkab.go.id/berita/ikm_gresik_dilatih_kelola_keuangan_dan_pengawetan_mamin.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Kamis, 10 Mei 2018

Wajib Menyimak Bagi Kalian Pelaku Usaha! Ini Pentingnya Pelaku UMKM di Gresik Punya Izin Usaha

gresik24jam.org

Gresik24jam -  Tak diragukan lagi jika Gresik merupakan salah satu gudangnya Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM). Ada ribuan pelaku UMKM yang bergerak di berbagai sektor, mulai dari bahan makanan minuman, sandang, hingga kerajinan.

Itu terlihat saat Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Gresik mengadakan Fasilitasi Kegiatan Kemitraan Usaha Bagi Usaha/Industri Mikro Kecil dan Menengah di Kantor DPMPTSP Gresik, Rabu (9/5/2018).

Sebanyak 70 orang pelaku UMKM di Gresik ikut kegiatan itu sambil membawa produk mereka masing-masing. Ada crispiy ikan teri, kerupuk, sambal, sandal, opak, ada kopiah lukis, serta berbagai produk dibawa untuk meyakinkan bahwa mereka adalah pelaku UMKM/IMKM di Kabupaten Gresik.

Kendati sudah berproduksi puluhan tahun serta memasarkan produknya keberbagai pelosok, ternyata tak semua pelaku UMKM di Gresik sudah punya sertifikat perizinan. Dari 70 peserta, hanya 16 peserta yang memiliki Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Lerusahaan (TDP).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Pengembangan Iklim Promosi, Data dan Investasi Penanaman Modal DPMPTSP Kabupaten Gresik, Purwati Cahyoningrum melalui kabag Humas dan Protokol Pemerintah Kabupten Gresik Suyono.

Untuk itu, pihak DPMPTSP Jawa Timur Agus Salim Arif menekankan pentingnya bagi para pengusaha kecil untuk memiliki sertifikat perizinan. Apalagi pengurusan izin usaha untuk pelaku UMKM atau IMKM itu bisa dilakukan dengan cukup mudah.

“Dengan Surat Ijin yang kita miliki kita akan punya akses pembinaan, permodalan, pemasaran dengan berbagai macam event pameran,” ungkap Agus Salim Arif.

Ketua Forum IKM Jawa Timur, Mohammad Oscar yang saat ini menjadi pelaku usaha mengatakan, jika dulu usahanya sering gagal dan hancur karena tidak punya izin lengkap. Modal sulit, akses pemasaran dan kesempatan berpameran juga tidak ada.

Mendengar penjelasan dari para narasumber, Anhar Chusnani, seorang pengusaha kopiah lukis yang menjadi peserta sosialisasi mengaku senang dengan kegiatan ini. Dia juga mengaku bakal segera mengurus semua perizinan.

“Saat ini usaha saya sudah mulai berkembang dengan mempekerjakan 6 orang. Saya akui dengan tidak adanya izin saya kesulitan terutama dalam hal permodalan. Semoga dengan keluarnya ijin dari DPMPTSP ini usaha saya semakin berkembang,” katanya optimis.

Terkait banyaknya UMKM/IMKM yang tidak memiliki izin, Kepala Dinas Perizinan, Mulyanto berharap para pelaku UMKM Gresik ini segera mengurus perizinan. Menurutnya, selama tahun 2018 terhitung sejak Januari 2018, pihaknya mengeluarkan 805 SIUP dan 880 TDP.

“Prosesnya mudah, program pengurusan SIUP dan TDP ini juga bisa ditunggu. Melalui program Siupit (SIUP dan TDP bisa ditunggu) yaitu setelah anda memasukkan persyaratan lengkap, pagi itu juga anda bisa mengambil sertifikat SIUP dan TDP dan gratis” tandas Mulyanto. (sdm/as)


Artikel ini telah tayang di beritagresik.com dengan judul Ini Pentingnya Pelaku UMKM di Gresik Punya Izin Usaha, http://beritagresik.com/ekonomi/10/05/2018/ini-pentingnya-pelaku-umkm-di-gresik-punya-izin-usaha.html.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Rabu, 09 Mei 2018

Gresik Didorong Jadi Kota Wisata

gresik24jam.org

Gresik24jam - Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, mendorong Kabupaten Gresik menjadi kota wisata. Ia berharap dengan berkembangnya industri wisata, akan memberikan pemasukan bagi daerah.

Ia menilai, Kabupaten Gresik mempunya potensi wisata yang lengkap. Di antaranya wisata religi ziarah Sunan Giri, ziarah makam Siti Fatimah yang diyakini sebagai pendiri masjid pertama di Asia Tenggara.

"Selain itu, kita sedang mengembangkan potensi wisata di Pulau Bawean," ujar Sambari Halim, saat Lokakarya Media, SKK Migas Perwakilan Jabanusa - KKKS Cluster Tengah di Pemkab Gresik, Rabu (09/05/2018).

Ia mengungkapkan, potensi wisata di Gresik tidak kalah dibandingkan dengan Banyuwangi. Pulau Bawean misalnya, kata dia, mempunyai terumbu karang yang bagus, pesona pulau di laut yang indah, pemandangan pantai yang indah dan bersih serta penduduknya yang ramah dan religius.

Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim, mengungkapkan, selain menjadi kota perdagangan dan industri, Gresik kini memang didorong menjadi kota wisata.

"Kita mentargetkan pendapatan asli daerah Gresik pada tahun ini bisa mencapai Rp 800 miliar. Salah satu pendapatannya itu dari sektor wisata," ujarnya.

Ia mengatakan, suatu saat sumber daya alam seperti minyak dan gas bumi itu akan habis. Oleh karena itu, Gresik diarahkan menjadi kota jasa, kota wisata dan kota niaga migas.

Sementara Kepala SKK Migas Jabanusa, Ali Masyhar, dalam sambutannya mengatakan, SKK Migas ikut mendorong kemajuan Gresik. Salah satunya dengan menggelar lokakarya media di Gresik ini.
"Gresik telah menjadi daerah yang berkembang dengan pesat. Ini tentu berkat dukungan semua pihak, termasuk media," ujarnya. (kik)


Artikel ini telah tayang di kumparan.com dengan judul Gresik Didorong Jadi Kota Wisata, https://kumparan.com/beritabojonegoro/gresik-didorong-jadi-kota-wisata.

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Transformasi Desa Nelayan Pangkah Wetan Gresik, Menjadi Destinasi Wisata Mangrove

gresik24jam.org

Gresik24jam - Desa Pangkah Wetan Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik adalah salah satu bentuk desa yang mampu membangkitkan ekonomi masyarakatnya melalui sektor lingkungan dan wisata. Warga desa yang dulu lebih banyak mengandalkan hasil laut sebagai mata pencarian dominan mereka kini menyulap desa mereka menjadi desa wisata yang sarat pengetahuan dan padat karya.

Hasil buah dari penghijauan mangrove yang berada di sepanjang muara Bengawan Solo di Pangkah Wetan yang dilakukan secara masif dan berkelanjutan selama hampir 6 tahun lebih kini menghasilkan hutan mangrove nan rimbun. Kini rimbunnya hutan mangrove disulap menjadi wisata Mangrove Muara Bengawan Solo (MBS).

Kini sejak di buka Desember tahun lalu hingga kini sudah ada 4.500 wisatawan yang datang berkunjung. Jogging track yang dibuat berwarna-warni serta beberapa spot swafoto (selfie) yang menjadi daya tarik wisatawan milenial.

"Saat ini tiketing yang kami bebankan cukup murah hanya Rp 10 ribu sudah include dengan naik perahu dari dermaga ke MBS ini. Memang tiket segitu murah cuma ganti bahan bakar kapal saja, tetapi itung-itung promosi," beber Syaifullah Mahdi, Kepala Desa Pangkah Wetan, kepada awak media, Selasa (08/05/2018).

gresik24jam.org

Kedepan melalui dana desa dan bantuan CSR PGN SAKA Indonesia Pangkah Ltd, Syaifullah Mahdi ingin menambah beberapa spot selfie serta anjungan lepas pantai dan area flying fox sehingga wisatawan bisa merasakan sensi yang berbeda.

"Nanti kami akan lengkapi dengan fasilitas fishing khusus. Kami juga akan jadikan mangrove ini menjadi suaka burung sehingga wisatawan bisa  menikmati pemandangan burung yang keluar di pagi hari dan sore hari," ungkapnya.

Pihak desa juga sudah mengembangkan Agrowisata seluas 300 hektar yang merupakan lahan milik warga, yang ditanami lengkeng, nanas dan rambutan.

"Kami ingin petani punya nilai tambah sendiri. Jadi tidak lagi jual hasil panen ke pasar lewat perantara. Kami juga memberdayakan ibu-ibu disini membuat camilan dan dijual di MBS," tuturnya.
Hal yang sama juga diungkapkan oleh Manager External dan CSR SAKA Indonesia Pangkah Limited, Yayan Mulyana, dimana pihaknya berupaya mendorong masyarakat Pangkah Wetan lebih berdaya dan mandiri secara ekonomi. Dan untuk memberdayakan mereka juga menggandeng LSM lingkungan Pupuk.

"Karena kami sadar suatu saat nanti minyak dan gas bisa habis. Jadi saat CSR kami tidak lagi disini maka masyarakat disini sudah berdaya," tandasnya. (kik/imm)

Sumber : kumparan.com

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Sabtu, 05 Mei 2018

Pasar Baru Gresik Akan Diresmikan, dan yang Bikin Wah adalah Harga Stand 1,5 Meter di Banderol 100 Juta

gresik24jam.org

Gresik24jam - Persoalan demi persoalan terus bermunculan menjelang peresmian Pasar Baru Gresik yang dijadwalkan mulai dioperasikan sebelum bulan Ramadan tahun ini. Setelah pedagang mengeluhkan ukuran stan yang terlalu kecil, kali ini mereka protes karena harganya yang dinilai terlampau mahal.

Harga stan berukuran 1,5 meter di pasar yang pernah terbakar pada akhir tahun 2016 lalu itu dibandrol Rp 100.

"Yok nopo niki pak, stan ukuran 1,5 meter didol satus juta. (Gimana ini pak, stan berukuran 1,5 meter dijual dengan harga seratus juta)," keluh salah satu pedagang yang mengaku akan membeli stan di blok bagian belakang Pasar Baru Gresik, kemarin.

Padahal jika mengacu Perda Nomor 4 Tahun 2011 tentang Jasa Retribusi, harga stan di Pasar Baru seharusnya hanya Rp 3.250.000 per meter persegi.

Ketua Komisi II DPRD Gresik Solihudin kepada BANGSAONLINE.com mengaku terkejut begitu mengetahui informasi harga stan di Pasar Baru yang dijual Rp 100 juta.

“Kok bias? Apa benar itu?," ujar Solihudin dengan nada keheranan.

"Gak boleh, itu melanggar (penentuan harga stan Rp 100 Juta, red). Kalau ada stan yang dijual dengan harga itu harus ada perubahan Perda dulu. Sebab tak boleh melebihi Perda, kecuali ada kesepakatan tanpa adanya paksaan. Prinsipnya kesepakatan 2 pihak menjadi Undang-undang," tegas politikus PKB ini.

Berdasarkan informasi, jumlah stan di Pasar Baru Gresik ada 1.400. Sementara jumlah pedagangnya 1.300. Sedangkan sisa stan yang kosong ada 62.

Adapun dari 1.300 pedagang yang menempati stan di Pasar Baru, baru kisaran 600 pedagang yang memiliki surat izin menempatin (SIM). Sebab, satu pedagang yang memiliki SIM lebih dari dua stan.

Kepala Diskop, UKM, dan Perindag Pemkab Gresik Agus Budiono belum bisa dikonfirmasi terkait harga stan ini. Dihubungi via WhatsApp, Agus enggan memberikan jawaban meski terlihat pesan yang dikirim Bangsaonline.com sudah dibaca. (hud/ns)


Sumber : bangsaonline.com

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Jumat, 04 Mei 2018

Sego Roomo, Makanan Khas Gresik yang Unik dan Langka

gresik24jam.org

Gresik24jam - Gresik ternyata memiliki beragam kekhasan. Mulai diikenal sebagai kota seribu wali, kota industri hingga kota dengan sejuta makanan khas. Salah satu makanan khas yang rasanya tidak ada duanya, adalah Sego Roomo.

Makanan ini memang tidak setenar Nasi Krawu, Bandeng Kropok, sampai Otak-otak Bandeng. Bisa jadi pola penyajiannya dan penjualannya di emperan membuat Sego Roomo masih kalah kelas dengan makanan khas Gresik lainnya. Padahal, Sego Roomo juga menjadi makanan khas warga Gresik sejak dahulu kala.

Makanan ini pun punya cerita sejarah tersendiri. Konon, ceritanya, ada seorang perempuan warga Desa Roomo yang serba kekurangan. Dia kemudian berkeluh kesah kepada seorang dari Sembilan Wali. Sang Wali kemudian menyarankan agar si wanita menjual desanya. Si wanita itu kebingunan menerjemahkan petunjuk tersebut.

Akhirnya, si wanita menemukan jawaban teka-teki tersebut. Dia diminta untuk menjual Sego Roomo yang memang menjadi makanan khas desa setempat. Dan, jadilah kebiasaan warga Roomo berjualan Sego Roomo jika berada di luar desa tersebut.

Disebut Sego Roomo karena kuliner tersebut berasal dari Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sebagian orang Gresik menyebutnya Bubur Roomo. Disebut demikian karena memang bentuk atau teksturnya yang memang mirip dengan bubur.

Sego Roomo punya karakter yang berbeda dengan makanan khas lainnya. Makanan ini disajikan di atas wadah dari daun pisang yang disebut takir yang dituangi sayur dan krupuk dan diberi bubur berwarna kuning yang disebut dengan Roomo. Di bagian atas ditaburi koya yang terbuat dari parutan kelapa goreng yang juga dicampuri sambal. Rasanya ada gurih, ada pedasnya dan bercampur rasa bubur yang dominan rempahnya.

“Dulu makanan Sego Roomo hanya ada di Desa Roomo, Manyar, Gresik. Tetapi, karena rasanya dan bentuknya khas, akhirnya banyak orang yang suka,” tutur Mak Supiah, 61, penjual Sego Roomo di Jalan Sindojoyo, Kroman, Gresik.

Tidak seperti Nasi Krawu yang banyak dijual di Gresik, hanya beberapa orang yang berjualan Sego Roomo. Lokasi jualannya hanya di sekitaran Pasar Gresik. Itu pun dijual saat pagi hingga pukul 09.00 WIB. Selebihnya dijamin sulit mendapatkan Sego Roomo.

Selain Mak Supiah di Jalan Sindojoyo, ada juga Mbah Waroh, 75, yang berjualan di ujung kampung Kelurahan Karangpoh, Kecamatan/Kabupaten Gresik, Jawa Timur  atau di Jalan Abdul Karim. Satu lagi Mak Ju, 62, jualan Sego Roomo di Kampung Langgar Karangpoh, Gresik. Ketiganya merupakan warga asli Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Gresik.

Keterbatasan itu disebabkan karena untuk mengolah Sego Roomo tidak sembarang orang. Hanya keturunan Desa Roomo, Manyar, yang dapat membuat. Karena memang resep maupun menunya didapat secara turun-temurun. Sehingga, tidak semua orang dapat membuat Sego Roomo sedahsyat warga Roomo.

“Saya dulu diajari nenek saya,” aku Mbah Waroh.

Kendati begitu, setiap pagi, tempat-tempat Mak Supiah, Mbah Waroh maupun Mak Ju berjualan selalu dipadati pembeli. Apalagi, harga satu porsi Sego Roomo cukup terjangkau, hanya Rp7.000—8.000. Pembelinya tidak hanya orang Gresik, namun mereka yang bukan asli Gresik juga menggemari Sego Roomo,

“Awalnya saya gak suka saat melihat bentuknya. Tetapi, setelah saya mencoba, jadi ketagihan. Sebab, istri saya orang Karangpoh, Gresik,” ujar Adi Kurniawan, 42, warga Surabaya yang tinggal di Perumahan Gresik Kota Baru.

Sego Roomo juga kerap membuat rindu warga Gresik perantauan. Mereka yang keseharianya bekerja di luar kota, luar pulau, saat mudik ke Gresik, selalu menyempatkan beli Sego Roomo. Puncaknya, saat lebaran setiap tahunya, warga Gresik perantauan yang mudik, ternyata kuliner yang dicari pertama adalah Sego Roomo.

“Saya kalau mudik setiap tahunya, selalu minta dua. Satu Sego Roomo dan Nasi Bali ikan Bali Belut. Karena memang dari kecil saya setiap hari makan dua makanan khas Gresik itu,” kata Henny, 41, alumnus SMAM 1 Gresik yang saat ini tinggal di Depok.

Sumber : lifestyle.sindonews.com

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Kamis, 03 Mei 2018

Setahun Menikah, Fida D' Academy Asal Gresik, Jawa Timur Dikarunai Anak Pertama

gresik24jam.org

Gresik24jam - Jebolan D'Academy, Alfinatul Mufidah baru saja mengarungi hidup baru sebagai seorang Ibu.

Fida--panggilan akrabnya--adalah pendangdut yang juga suami Rizky Efendi.

Pernikahan setahun silam, 22 April 2017 kini dikarunai buah hati pertama mereka.

Kabar bahagia itu disampaikan oleh Fida di akun Instagramnya.

Seperti TribunJogja.com (SuryaMalang grup) kutip dari postingan tersebut, anak Fida lahir pada Minggu (29/4/2018) pukul 00.29 WIB, di RS Petrokimia Gresik, Jawa Timur.

Bayi tersebut lahir secara normal dengan berat 2,9 kg.

Fida dan suaminya kemudian sepakai menamainya Qudra Rizky Abdillah.
"Subhanallah Alhamdulillah walaailaahaillallaaaahhh wallahuakbar..
Telah lahir dengan selamat putra kami tercinta QUDRA RIZKY ABDILLAH secara normal di RS Petrokimia Gresik pada :
Hari : Minggu, 29 April 2018
Jam : 00.29 wib
Berat : 2,9 kg
Panjang : 50 cm


Makasih banyak untuk Dokter dan Bidan yang sudah membantu.. pengalaman yang sangat luar biasa dalam hidup ku bisa melahirkan secara normal dan mudah (emoji)
Barokallahu (emoji)," tulis pemilik nama asli Alfinatul Mufidah itu.

Tak butuh waktu lama bagi pasangan yang menikah pada April 2017 itu untuk memiliki pasangan.

A post shared by Rizky Efendi (@riezkyef) on


Rizky, Suami Fida, bekerja di sebuah perusahaan pupuk yang ada di Gresik.

Mereka bertemu di tahun 2014, saat Fida diundang menyanyi, di perusahaan tempat Rizky bekerja.

Sebelum ikut ajang D'Academy, Fida yang tergabung dalam girlband Sunni, menjuarai Boy/Girl Band SCTV tahun 2012.

Setelah memenangkan kontes tersebut, Sunni lebih banyak tampil secara off air.

Wanita kelahiran 3 Oktober 1994 itu kemudian banting setir untuk menjadi penyanyi dangdut, dengan mengikuti Dangdut Academy.

Sumber : suryamalang.tribunnews.com

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam